KPR Oh… KPR

Saya mendapat potongan cerita berikut ini dari apa yang dikisahkan oleh Direktur Marketing dari Sharia Green Land yang membawahi proyek Sharia Islamic Highland, Sharia Green River Garut, dan Pesona Giri Mekar.

Isinya tentang secuil kenyataan betapa sebenarnya KPR yang masih melibatkan bank dalam prosesnya, ternyata dijauhi oleh para praktisinya yang sudah paham betul bagaimana skema dan apa yang akan terjadi setelah itu.

Tentang akibat “kecil” (sebelum sesuatu yang besar) yang ditimbulkan dari sebuah aktivitas batil bernama riba…

Obrolannya dimulai kala menjelang ashar di hari itu. Rekan saya yang menjadi Direktur Marketing tersebut bertanya tentang nomor mobil yang rombongan tamunya gunakan, ber-plat B.

“Pak, kok plat nomornya B?”

“Iya, Mas. Kakaknya Mas Anu adalah orang Bank Anu Pusat,” tamunya memulai. “Tapi kami tidak mau. Pokoknya kami tidak mau beli rumah lewat bank. Kami lebih suka dengan skema yang dijelaskan tadi,” imbuhnya.

Rekan saya ini sudah mendapati dua orang petinggi bank yang justru tidak mau mengambil pembiayaan KPR yang disediakan oleh bank. Sebelumnya adalah seorang Top Manager sebuah bank di Bandung. Disimpulkannya dengan mafhum bahwa para petinggi bank itu setidaknya sudah mengetahui detail fakta KPR dengan bank seperti apa.

Setelah mengetahui, pengetahuannya itu tidak mampu menggerakkan dirinya ke ranah praksis.

Tanya-keun-naon?

Dan sepertinya, orang bank yang tidak merekomendasikan agar kita tidak berurusan/berhutang ke bank itu banyak juga. Hanya saja tidak/belum mencuat ke permukaan…

#ngeRIBAnget lah pokoknya! 😀

###

Advertisements

Ada yang ingin disampaikan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s