Ahklak Yang Baik

   
Ahklak Yang Baik

Ahklak Yang Baik

Gambar hanya sebagai ilustrasi, dibuat menggunakan ai copilot


Akhlak

 

Akhlaq yang baik adalah jika kita ternampak kekhilafan yang dilakukan oleh saudaramu sesama muslim maka diamlah dan janganlah menasihati atau menegurnya kecuali hanya dirimu dan Allah saja yang mengetahuinya.

 

Saat dirimu ingin menasihati dan meluruskannya, akhlaq yang baik adalah ketika seseorang bertanya pendapat kepadamu maka jawablah dirimu dengan jujur atau berdusta yang di benarkan, contohnya jika kejujuran membuat seseorang celaka atau terdzalimi maka jawablah dengan kedustaan yang menyelamatkan saudaramu.

 

Akhlaq yang baik adalah jika saudara mu sedang mabuk maksiat maka jauhilah saat ia melakukan kemaksiatan namun dekatilah saudaramu itu ketika la sedang sendiri dan ajaklah kejalan Allah dengan 'Mauizoh' Hasanah (menyampaikan nasihat agama dengan lembut dan bijak).

 

Dan keburukan akhlaq yang paling celaka adalah jika ada dua orang yang berilmu (faham ilmu agama lalu keduanya merasa benar dan merasa paling hebat), mereka itulah orang-orang yang termasuk kufur setelah beriman dan fasik.

 

Ahmad Al-Makhfiy

Diperbarui
Tambahkan Komentar

Translate

Pengunjung