Doa Berbuka (iftar) Yang Diajarkan Nabi Khidr A.S

   
Doa Berbuka (iftar) Yang Diajarkan Nabi Khidr A.S

Doa Berbuka (iftar) Yang Diajarkan Nabi Khidr A.S


13 Maret 2024

Doa Berbuka (iftar) Yang Diajarkan Nabi Khidr A.S


Aku di datangi Nabi Khidr as menjelang berbuka, beliau berkata. Wahai Ahmad, tulislah apa yang aku ajarkan hari ini kepadamu, agar tidak adanya lagi perselisihan hal yang remeh di antara Ummat Nabi Mulia Muhammad pada Bulan Ramadhan. Yaitu tentang membaca doa berbuka (iftar) sebagaimana aku membacanya dan memulakannya dengan :

 

بسم الله الرحمن الرحيم..اللهم صل   على سيدنا محمد. اللهم لك صمت وعلى رزقك افطرت وبك أمنت وبك وعليك توكلت الحمد لله الذي  هدانى فصمت، ورزقني فَأَفْطَرْتُ اللهم تقبل صيامي، واغفر لي، واغفر لوالدي، واغفر لمن علمني الصيام، ولمن علمني الصيام، وأدخلهم أجمعين جنتك ﻳﺎَ ﺃَﺭْﺣَﻢَ ﺍﻟﺮَّﺍﺣِﻤِﻴﻦَ

 

Bismillahirrahmanirrahim.. Allohumma Solli Alaa Sayyidina Muhammad. Allohumma Laka Shumtu Wa 'ala Rizqika Afthortu, Wa Bika Amantu, Wa bika Wa 'alaika Tawakkaltu. Alhamdulillahil Ladziy Hadani Fa Shumtu, Wa Razaqoni Fa Afthortu. Alohumma taqobbal shiyami, waghfirliy, waghfirliy walidayya, waghfir liman 'allamaniy shiyami, wa liman 'allamaniy 'ilmi shiyaam , wadkilhumul jannataka yaa Arhanarrohimiin.

 

Ertinya : Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih dan maha penyayang. Ya Allah, untuk mu Mu aku berpuasa dan atas Rizki Mu aku berbuka, dan kepada Mu aku beriman, Dan bersama mu dan kepada Mu aku bertawakal, Segala puji bagi Allah yang memberikan petunjuk untuk ku berpuasa, dan memberikan aku Rizki untuk berbuka, Ya Allah terimalah puasa ku, Ampuni aku, dan ampuni kedua orang tua ku, dan ampuni lah orang orang yang mengajarkan aku berpuasa, dan orang orang yang mengajarkan ilmu tentang berpuasa, dan masukanlah mereka semua kedalam syurga Mu.

 

Lalu setelah berbuka dengan tiga butir kurma dan seteguk air zamzam lalu aku membaca :

 

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللهُ يا واسع الفضل اغفرلى

 

Dzahabaz zhoma'u, wabtallatil 'uruqu, wa tsabatal ajru, insya Alloh. Ya wasi'al fadhli, ighfir li.

 

Artinya : Dahaga telah pergi. Urat-urat telah basah. Dan insya Allah pahala sudah tetap. Wahai Zat Yang Luas Karunia, ampuni aku.

 

Wahai Ahmad ,tulislah dan janganlah berselisih tentang doa berbuka dan niat dalam sahur, sungguh akan sia-sia puasamu dan puasa seluruh ummat Rasulullah Muhammad yang Mulia dengan perdebatan dan kesombongan di Bulan Ramadhan.



Ahmad F. bin Abdullah Alwie Syams

Diperbarui
Tambahkan Komentar

Translate

Pengunjung