4 Nasehat, 4 Peringatan, 4 Sahabat

   
4 Nasehat, 4 Peringatan, 4 Sahabat

4 Nasehat, 4 Peringatan, 4 Sahabat

 gambar hanya sebagai ilustrasi, dibuat menggunakan ai copilot


Pilih bahasa :  Arabic |  Turkish  |  English 



10 Mei 2024

4 Nasehat, 4 Peringatan, 4 Sahabat


Nabi Khidr AS mendatangi ku, setelah lama beliau tak mengunjungi ku. Beliau berkata :

"Wahai Ahmad, duduk dan dengarkanlah, sungguh aku telah menjumpai empat sahabat mu di sebuah masjid di Jawa Tengah saat mereka berjalan bersama mu. Dan aku hanya menasihati mereka dengan empat nasihat dan empat peringatan. Tuliskanlah hingga mereka mengingatnya."


"Yang pertama : Hendaklah senantiasa mereka menguatkan keimanan kepada Allah, dan janganlah mereka lalai dalam mengingat Allah, Allah lah Tuhan yang Maha Satu."


"Yang kedua : Hendaklah mereka mengingat dua hal, yakni 

  1. sabar dan kuat dalam mencapai kebahagiaan dunia
  2. dan sabar serta kuat dalam mempersiapkan bekal akhirat."


"Yang ketiga : Hendaklah mereka mengingat tiga keikhlasan yang merupakan jalan mencapai ketenangan jiwa dan kebahagiaan, yakni

  1. Ikhlas menerima segala ketetapan Allah, 
  2. Ikhlas dalam menjalani kehidupan (dalam bekerja/berniaga), 
  3. Ikhlas dalam beramal shaleh (berbuat baik dan bersedekah dan berinfaq fi sabilillah)."


"Yang ke Empat : Hendaklah mereka memenuhi empat hak pada dirinya, 

  1. Hak badan, 
  2. Hak ruh,
  3. Hak memberikan yang terbaik untuk pasangan halalnya, 
  4. Hak untuk anak keturunanya."


"Wahai Ahmad, hendaklah mereka memperhatikan empat peringatan ini :

  1. Yang pertama, janganlah mereka meremehkan sekecil apapun karunia Allah melainkan dengan rasa syukur kepada Allah dan menyisihkan sedikit harta mereka untuk fakir miskin dan yatim piatu, yang demikian itu akan menaikkan derajat mereka di dunia dan akhirat sebagai mana yang telah Allah tetapkan derajat mereka saat bersama ku di masjid itu. Hendaklah mereka tidak menjatuhkan diri mereka kepada derajat yang paling rendah dalam pandangan Allah jika mereka bakhil dan kikir.
  2. Yang kedua, jangan sekali-kali mereka melupakan hak-hak pasangan halal mereka dan anak-anak mereka, dan tidak akan pernah mereka mendapatkan ketenangan dan kebahagiaan jika mereka mengabaikannya.
  3. Yang ketiga, tidak akan mendapat keberkahan dalam usaha mereka jika mereka lalai dalam bersadaqah, berinfaq dan lalai dalam mengeluarkan zakat, setelah Allah melapangkan usaha mereka.
  4. Yang keempat, tidaklah akan mendatangkan kebahagiaan dan keberkahan jika mereka terpecah dan terpisah hanya karena amarah dan keserakahan, kesombongan dan ketamakan."


"Wahai Ahmad, sungguh mereka adalah sahabat yang terbaik, yang Allah datangkan untuk mu, dan hendaklah hati mu membuang rasa ragu, sungguh Allah akan mendatangkan kemenangan kepada seseorang yang datang bersama sahabat mu dari Pa***ng, yang akan datang bersama seorang perempuan cerdas dan salehah sebagai pendamping nya memimpin sebuah tempat di Negeri mu, kecuali mereka mempunyai keraguan kepada mu di hati mereka saat mendekati hari kemenangan."


"Wahai Ahmad, apakah mereka tidak memperhatikan saat Allah meminta mu memukulkan tongkat diatas Negeri-Negeri itu, hingga saat ini mereka saling berlomba menciptakan kesejukan dan berlomba memenuhi kebutuhan air di rumah-rumah mereka...? Sungguh hawa panas di Negeri mereka akan semakin bertambah buruk hingga dirimu menjalankan perintah Allah yang berikutnya di Bulan ****."


"Wahai Ahmad, janganlah risau dan bersedih, disebabkan aku tidak mengunjungimu selama beberapa hari saja, bukan aku membenci mu saat diri mu menolak nasihat ku, akan tetapi penolakan mu adalah suatu yang wajar dan sesungguhnya penolakan mu adalah yang Allah harapkan. Karena saat itu aku menguji diri mu, apakah akal dan hati mu mampu memilah mana yang terbaik untuk kamu jalankan."


"Wahai Ahmad, ketuklah kembali tongkat mu pada hari *** di bulan ini. Agar mereka kembali berguncang dengan peringatan yang membakar."


Ahmad F. Bin Abdullah Alwi Syam

Diperbarui
Tambahkan Komentar

Translate

Pengunjung